Ujian Nasional 2020 Dihapuskan Oleh Pemerintah, Menyikapi Perkembangan Wabah Virus Corona

pict: fb/presiden joko widodo

SimakAja.Com - Pandemi virus Corona (COVID-19) yang kian tak terkendali di berbagai negara banyak menimbulakan kecemasan di berbagai sektor kehidupan. Di Indonesia salah satu sektor yang terkena dampak mewabahnya virus ini adalah kegiatan pendidikan, terutama kegiatan Ujian Nasional (UN) yang jadwal normalnya dilakukan pekan depan untuk tingkat SMA akhirnya ditinjau ulang untuk dilaksanakan bahkan resmi untuk ditiadakan.

Dalam rapat via online yang dilaksanakan antara Komisi X DPR RI dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), akhirnya sepakat untuk menghapus UN.

"UN yang dihapus, diganti Ujian Sekolah," kata Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf kepada wartawan.

Tidak hanya masalah penghapusan UN 2020, dalam rapat konsultasi tersebut juga disepakati mengenai realokasi anggaran Kemendikbud. Dede Yusuf mengatakan bahwa Kemendikbud akan mengalokasikan anggaran untuk kesiapan relawan terkait virus Corona.

"Akan ada realokasi anggaran Rp 300 miliar di Kemdikbud yang ditujukan untuk kesiapan relawan tenaga kesehatan dari kampus-kampus kesehatan," terang Dede.

Menurut anggota DPR Komisi X, Ledia Hanifa, kesepakatan menghapus UN di tengah wabah Corona ditetapkan dalam rapat konsultasi dengan Mendikbud Nadiem Makarim.

"Semalam rapat konsultasi pimpinan Komisi X dan Kapoksi beserta Mendikbud dan perwakilan jajarannya, disepakati UN ditiadakan," terang Ledia.

Senada dengan keputusan rapat antara Komisi X DPR RI dan Kemendikbud, di akun facebook presiden Jokowi juga telah mengumumkan penghapusan Ujian Nasional tahun ini.

"Pandemi Covid-19 ini telah sangat mengganggu proses pendidikan di Tanah Air.

Untuk mencegah penyebaran virus ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk belajar di rumah bagi para siswa. Di antara mereka, ada 8,3 juta siswa yang seharusnya mengikuti ujian nasional dari 106.000 satuan pendidikan di seluruh Tanah Air.

Karena itulah, dalam rapat terbatas jarak jauh hari ini, pemerintah memutuskan untuk meniadakan ujian nasional (UN) tahun 2020. Kebijakan ini diambil dengan prinsip tidak merugikan hak dari para siswa tersebut."

Sumber: 
Detik.Com
Facebook Presiden Joko Widodo

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ujian Nasional 2020 Dihapuskan Oleh Pemerintah, Menyikapi Perkembangan Wabah Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel